Buruh Berhak Dapat Jaminan Kesehatan

Bagikan:
Sosialisasi JKN-KIS untuk Jaminan Sosial F. SPTSI Labura.

MetroAsahan.com, LABURA – BPJS Kesehatan menyosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berlangsung di Grands Hotel Aek Kanopan Labura, Kamis (12/7/18).

Acara sosialisasi dihadiri Pimpinan Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh – (PUK F.SP.TSI-K SPSI) se-Labura, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian H Khairul Saleh SE, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Muhammad Asril SSos, BPJS Kesehatan Cabang  Tanjungbalai, Darwin Sirait.

Acara sosialisasi ini dibuka langsung Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian kabupaten Labura H Khairul Saleh. Ia mengatakan,  regulasi sesuai dengan manejemen yang ada bagi perusahaan  yang tidak melakukan pendaftaran JKN KIS  Nomor  13 tahun 2013 pasal 99.

“Setiap pekerja atau buruh berhak memeroleh jaminan kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan setiap tenaga kerja menjamin pekerja termasuk jaminan kesehatannya,” ujar Khairul sembari menyinggung kejadian di salah satu perusahaan PMKS di Labura yang baru mengalami kecelakaan kerja.

Pemberi kerja wajib memberikan jaminan kesehatan kepada pekerja. Di Labura kita telah memberikan contoh yang baik. Dimohon kepada perusahaan agar mendata pekerjanya agar dinas ketenagakerjaan dapat memfasilitasi  mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Dan apabila melanggar UU, maka akan diberikan sangsi administratif, teguran tertulis,  denda dan tidak diberikannya pelayanan publik tertentu.

Muhammad Asril SSos, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, menyampaikan, kita bersama-sama dengan BPJS dan bekomitmen. Sudah hampir rampung meregulasikan peraturan daerah kabupaten Labura ini.

Dalam pemaparan BPJS cabang Tanjungbalai Darwin Sirait masih menyampaikan banyak badan usaha besar dan kecil, mikro dan lainnya yang belum terdaftar dalam BPJS, sementara kak pekerja diantaranya mendapat kesehatan dan keselamatan kerja. (st/ma) 

Bagikan: