Menu

Jelang Pilgubsu PNS Dilarang Unggah Foto Pasangan Calon

Ilustrasi

MetroAsahan.com, RANTAUPRAPAT – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jajaran Pemkab Labuhanbatu diimbau untuk tidak mengunggah foto atau menyebarluaskan foto Bakal Calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) di media sosial (Medsos).

“Bahkan memberikan like atau komen terhadap foto balon di medsos juga tidak dibenarkan,” tegas Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu M Ihsan Harahap kepada wartawan, Rabu (10/1).

Menurut Ihsan, larangan tersebut berdasarkan surat edaran Menpan RI tertanggal 27 Desember 2017, terkait pelaksanaan netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, Pileg 2018 dan Pilpres 2019.

Selain mengunggah dan menyebarluaskan foto bakal calon, dalam surat edaan dimaksud, juga diterakan beberapa poin larangan lainnya. Seperti larangan bagi PNS menghadiri deklarasi bakal calon kepala daerah. Kemudian larangan memasang spanduk ataupun baliho pasangan calon kepala daerah. Larangan menjadi narasumber atau pembicara pada kegiatan pertemuan partai politik.

“Dan bahkan foto bersama calon kepala daerah ataupun wakil kepala daerah dengan mengikuti simbol tangan atau gerakan yang menunjukkan keberpihakan juga dilarang dalam surat edaran tersebut,” jelasnya.

Maka dari itu, Ihsan menekankan kepada para PNS di Labuhanbatu untuk mematuhi surat edaran dimaksud. Sebab, akan ada sanksi tegas baik teguran maupun sanksi hukuman disiplin ringan dan hukuman disiplin berat bagi PNS yang melanggar.

“Ya, sanksi bagi PNS yang melanggar juga diterakan dalam surat edaran Menpan RI tersebut,” tandasnya. (nik)

Loading...