Menu

Mengudara Setiap Hari Menyebarluaskan Informasi

Aniko Rambe/Metro Asahan
Narasumber dialog interaktif bertema “Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat” diabadikan bersama penyiar LPPL RSPD Labuhanbatu.

MetroAsahan.com, RANTAU – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan H Muhammad Ihsan Harahap, ST, melalui LPPL RSPD yang mengudara setiap harinya di frekwensi 96,5 fm, melaksanakan dialog interaktif talk show dalam rangka penyebarluasan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat, Jum’at (10/8).

Dialog interaktif melalui siaran radio ini bertemakan “Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat” yang menghadirkan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu diwakili Yulinar Harefa, Kasi Kesetaraan dan Dikmas serta Elprida Kasi Kursus Dinas Pendidikan Labuhanbatu, bahkan dalam kesempatan itu juga turut hadir penggiat pendidikan bung Manawar Nasution, SH yang juga merupakan Ketua Himpaudi Kecamatan Rantau Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu diwakili Yulinar Harefa Kasi Kesetaraan dan Dikmas dalam dialog interaktif tersebut menyampaikan, bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu memiliki bidang khusus, untuk membidangi tentang Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat yang disingkat dengan Paudikmas atau yang lebih populer dengan sebutan PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal).

Menurut Yulinar, Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fungsi utama dalam mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional.

Sedangkan Pendidikan Non Formal menurut Yulinar adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

“Hasil pendidikan non formal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan,” ungkap Yulinar.

Dalam dialog yang dipandu oleh saudara Azan, penyiar handal di LPPL RSPD Labuhanbatu tersebut, Kasi Kursus Dinas Pendidikan Labuhanbatu Elprida menambahkan, bahwa kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sedangkan, Ketua Himpaudi Kecamatan Rantau Utara, bung Manawar Nasution, SH dalam kesempatan dialog itu menambahkan dan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu, khususnya di Bidang Paudikmas yang telah menjalankan program-program pendidikan dini dan pendidikan masyarakat kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu melalui siaran LPPL RSPD secara langsung.

Di tempat terpisah Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Labuhanbatu Siti Nursani Lubis menegaskan, dialog interaktif ini akan terus dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat, agar kita tidak ketinggalan dengan informasi terkini tentang berbagai hal, apa lagi masalah yang sedang hangat dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. (nik/ma)

Loading...