Menu

Sabar ya Bu, Turut Berbelasungkawa…

Budi/Metro Asahan
Kebakaran yang terjadi di Simpang Jalan Perdamean, Kelurahan Sirandorung, Rantauprapat.

MetroAsahan.com, RANTAU – Dua unit rumah dan sembilan kios yang berada di Simpang Jalan Perdamean, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, terbakar, Sabtu (11/8). Bahkan, kedua rumah tersebut sudah rata dengan tanah.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. Sayang, hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran.

Menurut Isramal Lubis, warga setempat memaparkan, saat api belum membesar, pedagang kios sempat menyelamatkan barang dagangan mereka dibantu masyarakat.

“Saat itu, sekira pukul 16.00 WIB, api melalap satu unit rumah dan empat kios. Para pemilik kios panik dan mengeluarkan isi dagang yang masih bisa diselamatkan bersama warga,” katanya, Sabtu (11/8) di lokasi kejadian.

Asap yang mengepul ke atas mengundang perhatian masyarakat Labuhanbatu untuk melihat peristiwa tersebut. Seketika, masyarakat melaporkan kejadian tersebut ke pemadam kebakaran. Tidak berapa lama kemudian, empat unit pemadaman kebakaran datang dan berhasil menjinakkan api.

Amatan di lokasi, sejumlah pedagang kios yang terbakar tersebut menangis histeris melihat dagangan mereka yang dilalap api.

Kepala Kelurahan Sirandorung Muhammad Khamisdan Ritonga, kepada sejumlah media mengatakan, api berasal dari belakang rumah Asmidar, dan langsung membesar.

“Ada sembilan kios dan dua rumah terbakar. Pemilik rumah dan kios yang terbakar merupakan milik Asmidar yang sekarang berdomisili di Lingkungan Kampung Baru, Kelurahan Kartini,” ujarnya.

Saat itu, sebelum insiden tersebut, para pedagang kain, sepatu, aksesoris wanita, masih menggelar dagangannya di kios yang mereka sewa dari Aswanidar.

“Beruntung, api tidak sempat menyebar ke sejumlah rumah penduduk lainnya di sekitar lokasi kejadian. Karena empat unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, kurang dari 20 menit telah sampai di lokasi. Sejauh ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat Kepolisian,” tandasnya.

Dalam peristiwa tersebut Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT, juga turun langsung ke lokasi kejadian untuk melihat proses pemadaman api yang membakar sejumlah rumah dan kios tersebut.

“Tetap sabar ya, Bu. Kami turut berbelasungkawa atas musibah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Teuku Fhatir mengatakan, pihak masih mendalami saksi-sakdi dalam peristiwa kebakaran itu.

“Masih kita dalami hasil pemeriksaan para saksi,” ujarnya singkat melalui pesan Whatsapp.

Dalam kunjungan tersebut, Andi menyambangi, berkomunikasi langsung dengan para korban yang sedang menangis.

Salah seorang pedagang bermarga Rambe menceritakan rasa kecewanya serta kerugian yang dialami mereka atas musibah tersebut disambut baik oleh plt bupati.

“Awalnya kebakaran itu berawal dari salah satu rumah papan yang berendeng langsung pada kios yang lainnya,” ujarnya. (bud/bh/ma)

Loading...