Labuhanbatu Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Digital

Bagikan:
Dinas Perpustakaan Labuhanbatu melaksanakan kelas belajar komputer dan internet.

MetroAsahan.com, LABUHANBATU – DINAS Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan kelas belajar komputer dan internet kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan berbasis inklusi sosial. Kepala Dinas Perpustakaan Labuhanbatu, Leo Sunarta Marpaung di Rantauprapat, Kamis (7/2) menjelaskan, kelas belajar komputer dan internet ini merupakan program revitalisasi pengembangan perpustakaan umum Kabupaten Labuhanbatu berbasis inklusi sosial.

Program meningkatkan taraf hidup dan taraf pendidikan masyarakat ini agar dapat mengoperasikan sistem IT dan membaca buku atau aplikasi secara online. Menurutnya, perpustakaan daerah saat ini telah menggunakan aplikasi perpustakaan digital yang lebih dikenal dengan e-book.

“Jadi para pengguna tidak lagi menggunakan buku kompensional, tapi dengan membuka aplikasi digital dapat mempergunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan disini,” katanya.

Ia menjelaskan, diantara program perpustakaan Nasional yakni revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga penggunaan perpustakaan tidak lagi bersifat kompensional tetapi sudah berbentuk atau berbasis IT.

“Generasi muda dapat mempergunakan tekhnologi ini dengan trampil, harapan kita nanti mereka juga dapat nanti memberi penyebaran ilmu mereka kepada teman-teman yang lain,” ujar Leo.

Selain itu, pihaknya akan meningkatkan pendidikan taraf hidup masyarakat dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih luas yakni, pelatihan bahasa inggris dan pengelolaan perpustakaan sekolah maupun taman bacaan masyarakat.

Peserta pelatihan yang juga mahasisiwi ULB, Dewi Astuti mengapresiasi pelatihan komputer ini. Diharapkan, perpustakaan terus berpacu dalam menciptakan inovasi dan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda harapan bangsa yang ingin terus maju dan berkarya serta ber-ilmu.(ant/ma)

Bagikan: