Labuhanbatu Advokasi Percepatan Kabupaten Layak Anak

Bagikan:
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe menyampaikan sambutan pada advokasi percepatan kabupaten layak anak.

MetroAsahan.com, RANTAU – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengadvokasi anak dalam meningkatkan kepedulian dan mendukung percepatan menuju kabupaten layak anak di daerah.

Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe di Rantauprapat, Kamis (7/2) menyampaikan, akan membuat taman dan tempat bermain ramah anak, sehingga dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir anak.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak tingkat pratama, kemudian penghargaan percepatan kepemilikan akte kelahiran dari Kementrian PP dan PA, selanjutnya terbaik 1 penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2015 dan 2018.

Penghargaan yang telah yang telah di peroleh, harus dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, untuk menyongsong menjadi kabupaten layak anak. “Langkah kami kedepan adalah membuat inovasi-inovasi yang nantinya dapat terus dinikmati anak cucu kita dimasa depan. Jadikan kita sebagai pelopor anak-anak agar bersemangat hidup di Kabupaten Labuhanbatu,” ujarnya.

Pihaknya telah melakukan kesepakatan melaksanakan kecamatan layak anak dan desa layak anak. Sementara, Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak bidang tumbuh kembang anak, Lenny N. Rosalin yang hadir di Kabupaten Labuhanbatu belum lama ini menyampaikan, kekuatan untuk menjadikan Kabupaten layak anak harus dimulai dari perencanaan yang matang, lengkap dan canggih.

Saat ini percepatan daerah layak anak sudah ada di 415 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia. Kiblat bagi seluruh anak di dunia adalah konvensi hak anak yang terdiri dari lima kluster.

Yakni, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengawasan alternatif, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, terkahir, perlindungan khusus.

“Kabupaten/Kota layak anak adalah untuk kepentingan daerah itu sendiri, jika tanam anak-anak yang baik, pasti kita akan memanen anak-anak yang baik, masa depan Indonesia ada pada anak-anak kita, saat ini banyak terjadi kekerasan pada anak, anak harus dipenuhi haknya dan dilindungi itu adalah menjadi tugas kita bersama,” ujar Lenny.  (ant/ma)
 

Bagikan: