Sihar Sitorus Beri Kuliah Umum di Universitas Labuhanbatu

Bagikan:
Sihar Sitorus saat Beri Kuliah Umum

MetroAsahan.com, LABUHANBATU – Mahasiswa Universitas Labuhanbatu menggelar kuliah umum bertemakan Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Gedung Serbaguna ULB Rantau Prapat, Kamis (21/2/2019)

Kuliah umum yang dihadiri seribuan civitas akademika Universitas Labuhanbatu tersebut menghadirkan Koktor Sihar PH Sitorus BSBA MBA sebagai pembicara kunci.

Sihar Sitorus adalah seorang akademisi yang menempuh pendidikan Bachelor of Science in Businees Administration di University of Arizona (Amerika Serikat) yang lulus pada 1987.

Dia juga menyelesaikan Master of Business Administration Creighton University Ohama, pada 1991.

Berselang dua tahun kemudian yakni 1993, Sihar menyelesaikan pendidikannya dari Strathclyde University, Glasgow dan menyelesaikan pendidikan di Bussniess School Manchester, Inggris tahun 2005.

Sebelum acara dimulai, para pembicara disambut dengan tarian tor-tor. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ketua panitia acara dalam sambutannya mengutarakan, Universitas Labuhanbatu sudah lama ingin mendatangkan Sihar Sitorus sebagai pembicara di kampusnya.

“Kita sudah lama mengincar Pak Sihar ini untuk memberikan kuliah umum di sini. Secara pendidikan, Bapak ini tidak perlu diragukan lagi,” ujar Ketua Panitia.

Dalam penyampaian materinya Sihar menyampaikan mengenai tantangan, peluang, serta kiat dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Kepada para hadirin, Sihar menyampaikan bahwa saingan mereka saat ini bukan lagi manusia melainkan tekhnologi.

“Berdasarkan hasil riset, saingan kalian di masa depan bukan lagi manusia melainkan tekhnologi. Bahkan, diprediksi pekerjaan yang kalian lakukan usai menempuh pendidikan tinggi, akan mampu dikerjakan oleh anak usia SD,” jelas Sihar.

Untuk itu mahasiswa diajak mampu berfikir kritis dan kreatif dan harus memiliki karakter.

“Percuma kamu cerdas tapi karakter kamu tidak baik, karena teknologi bisa menyaingi kecerdasanmu tapi tidak karaktermu,” jelasnya lagi.

Tentunya hal ini memberikan motivasi tersendiri bagi para mahasiswa. Apalagi mereka yang akan segera memasuki dunia pekerjaan.

Usai memberikan kuliah umum, Sihar melanjutkan perjalanannya menghadiri Opening Turnamen Futsal Piala Sihar PH Sitorus se-Kabupaten Labuhan Batu Raya.

Kegiatan ini diikuti klub futsal se-kabupaten Labuhanbatu Raya.

Sihar yang membuka kegiatan ini menendang bola futsal. Dia berharap bakat-bakat terpendam dari anak-anak di Labuhan Batu Raya terutama di bidang olahraga futsal dapat terasah.

“Semoga hobi dan bakat kalian dapat tersalurkan melalui kegiatan ini, bertandinglah dengan sportif, berikan yang terbaik,” ujar Sihar.

Selain sebagai pengusaha sukses, Sihar Sitorus juga dikenal sebagai penggiat sepak bola.

Beberapa kali Sihar terlihat menunjukkan kepedulian terhadap dunia sepakbola, termasuk dalam mencari bakat terpendam dari anak-anak Indonesia. (rel/des/ma)

Bagikan: