Menu

Pramuka Berperan Membentuk Kepribadian Generasi Muda 

Aniko Rambe/Metro Asahan
Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi menyematkan tanda kepada peserta di Aula BKPP Labuhanbatu.

MetroAsahan.com, RANTAUPRAPAT – Gerakan pramuka berperan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda Bangsa Indonesia, sehingga mempunyai pengendalian diri untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di lingkungan.

Demikian dikatakan Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT pada acara Penguatan Saka Kencana dan Sosialisasi Sekolah Peduli Kependudukan di Aula BKPP Labuhanbatu, Jumat (14/9).

Andi Suhaimi mengatakan, pramuka sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda, oleh karena itu, dukungan berbagai pihak seperti pemerintah dan pihak sekolah sangat diperlukan guna pengembangan dan peningkatan kualitas serta keberlangsungan gerakan pramuka di masa-masa yang akan datang.

“Sosialisasi dan kegiatan pramuka yang ada di Labuhanbatu harus dibarengi dengan sosialisasi anti narkoba, saat ini narkoba menjadi musuh terbesar Bangsa Indonesia, khususnya para kaum muda, dengan adanya kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat menghindari semua kegiatan yang tidak baik bahkan merugikan bagi diri sendiri,” kata Andi.

Plt Bupati juga menyebutkan, pendekatan melalui gerakan pramuka dianggap mampu menjadi wadah kaum muda untuk berkarya, selain itu sifat kepramukaan sebagai pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, terarah, praktis dengan prinsip dasar metode kepramukaan, sangat efektif dan efisien dalam penyampaian informasi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sekaligus juga selaku Kamabi Saka Kencana Labuhanbatu menjelaskan, sasaran dari kegiatan tersebut adalah para anggota pramuka pada tahun 2017. Labuhanbatu sudah mengembangkan sekolah siaga kependudukan berbasis informal, yaitu SMK Swasta Harapan Al-Wasliyah Sigambal.

“Dijadikannya sekolah tersebut sebagai pilot project karena dukungan pihak sekolah terhadap ekstra kurikuler pramuka, kami berharap setelah sosialisasi hari ini, maka sekolah lainya akan membentuk sekolah siaga kependudukan, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi akan pentingnya aspek kependudukan dalam pembangunan,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan kaum muda yang sehat dan siap mengarungi kehidupan keluarga dengan terencana. Dengan perencanaan kapan akan menikah dan kapan memiliki anak akan mewujudkan keluarga yang berketahanan dan berkualitas, adapun peserta yang hadir terdiri dari para Ka Kwaran, Kamabigus, Ka UPT PPKB dan adik-adik pramuka Saka Kencana dari sebilan Kecamatan. (nik/ma)

Loading...