Menu

25 Hektare Terbakar di Batang Onang

Anggota Koramil 07 Sosopan Manggala Agni dan masyarakat memadamkan api di Batang Onang.

MetroAsahan.com, PALUTA – Sedikitnya 25 hektare lahan di Desa Purbatua, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), sempat terbakar. Pemicu api diduga akibat kelalaian masyarakat.

Kordinartor Manggala Agni wilayah Paluta Goniman Siregar mengatakan, seluas 25 hektare lahan yang terbakar di Kecamatan Batang Onang merupakan tumbuhan semak belukar dan anak kayu.

“Kebakaran lahan terjadi Rabu (5/9) sekira pukul 09.30 WIB. Pemicu adanya api diduga akibat kelalaian masyarakat. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB dengan bantuan anggota Koramil 07 Sosopan, tim Manggala Agni dan masyarakat dengan memakai peralatan tangan (Kepyok, Jetsuter) dan satu unit strada tengki,” terang Goniman.

Katanya, diminta kepada masyarakat supaya tidak membakar lahan sembarangan di musim kemarau seperti sekarang ini. Pasalnya, sangat berbahaya.

Menurut Goniman, terkait kebakaran lahan dan hutan ini, sudah sering diingatkan dan diberi imbauan. Baik itu melalui surat edaran kepada aparat pemerintah desa maupun pihak kecamatan. Gunanya agar warga tidak sembarangan melakukan pembakaran lahan ketika membuka lahan perkebunan.

“Bila kebakaran hutan terjadi, yang rugi kita juga. Untuk itu, marilah bersama-sama menjaga lingkungan. Jangan sampai melakukan pembakaran lahan tanpa pengawasan yang ketat. Kita harus ingat, selain merugikan diri sendiri, hal itu juga berdampak ke masyarakat luas,” pintanya. (ais/ma)

Loading...