KPU Paluta Serahkan APK kepada Peserta Pemilu

Bagikan:
Ketua PPP Kabupaten Paluta Hajuddin Ritonga SHi dan ketua PAN Kabupaten Paluta Hermansyah Lubis SH menerima sejumlah APK dari koordinator divisi SDM dan Parmas Herisal Lubis SH. Asmar Siregar/Metro Tabagsel/Metro Asahan)

MetroAsahan.com, PALUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyerahkan alat peraga kampanye (APK) kepada peserta Pemilu tahun 2019. Penyerahan APK dilakukan kepada setiap perwakilan Partai politik, tim kampanye pasangan Pilpres dan DPD di kantor KPU Paluta, Senin (3/12) sore.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar SP melalui koordinator divisi SDM dan Parmas Herisal Lubis SH mengatakan bahwa dalam hal ini pihaknya memfasilitasi APK berupa baliho dan spanduk.

Selanjutnya, pemasangan APK tersebut dilakukan oleh masing-masing peserta Pemilu 2019 di kabupaten Paluta. “Kita hanya memfasilitasi saja, untuk pemasangannya kita serahkan kepada masing-masing peserta Pemilu atau timnya,” ujarnya.

Dikatakannya, jumlah APK yang diserahkan kepada masing-masing Parpol atau perwakilan berupa 16 lembar Spanduk dan 10 Pcs baliho dan untuk tim kampanye Pilpres juga sebanyak 16 lembar spanduk dan 10 Baliho. Sedangkan untuk calon DPD atau perwakilannya sebanyak 10 lembar spanduk.

Tambahnya, setiap peserta pemilu atau tim kanpanye diperbolehkan untuk menambah APK dengan jumlah yang ditentukan yakni sebanyak 10 buah spanduk dan 5 buah baliho di setiap desa wilayah kabupaten Paluta. “Untuk spanduk 10 buah dan baliho 5 buah yang boleh ditambah di setiap desa, melebihi dari itu sudah melanggar aturan,” jelasnya.

Ia mengimbau agar pemasangan APK nantinya jangan sampai mengabaikan aturan yang ditetapkan dalam oleh pihak penyelenggara Pemilu tahun 2019.

Pada kesempatan ini, ia menghimbau kepada tim kampanye khususnya calon DPD RI agar segera menjemput APK yang disediakan ke kantor KPU Paluta. “Pemasangan dan larangannya sudah diatur dalam PKPU 23 dan sebelumnya sudah disampaikan kepada seluruh peserta Pemilu,” katanya.

Diketahui, sejumlah ketua Parpol yang ada di Paluta diantaranya ketua PPP kabupaten Paluta Hajuddin Ritonga SHi, ketua PAN kabupaten Paluta Hermansyah Lubis SH langsung datang menjemput APK yang difasilitasi KPU tersebut. Turut hadir komisioner Bawaslu Paluta Mus Muliadi Siregar. (ais/mt/ma)

Bagikan: