Wanita Jaringan Teroris Sibolga Diamankan di Tanjungbalai

Bagikan:
Bom dimusnakan dengan cara diledakkan oleh Penjinak Bom (Jibom) di wilayah sepi penduduk tepatnya di Rindu Alam, Kelurahan Sibuluan Nauli, Tapteng, Kamis (14/3) pagi.

MetroAsahan.com, SIBOLGA – TIM Densus 88 Anti Teror Mabes Polri kembali menangkap tiga terduga teroris yang diduga masuk jaringan Abu Hamzah alias Husein alias Upang. Dua di antaranya ditangkap di Kota Tanjungbalai dan seorang lainnya dari Kota Sibolga.

Menurut Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto satu di antara yang ditangkap di Tanjungbalai adalah wanita yang akan menjadi istri kedua Abu Hamzah.

Agus Andrianto juga mengatakan, penangkapan kedua terduga teroris di Tanjungbalai berkat hasil pemeriksaan dan pengembangan yang dilakukan oleh tim Densus 88 Anti Teror. Keduanya berinisial M (laki-laki) dan R (wanita).

“Masih dalam pengembangan. Tapi informasinya terduga teroris R (perempuan) akan menjadi istri kedua AH (Abu Hamzah) dan direkrut untuk jadi pengantin,” kata Kapolda kepada wartawan, Kamis (14/3).

Sementara untuk Kota Sibolga kata Kapolda, sudah dilakukan penangkapan terhadap empat orang. Satu tambahan lain terduga teroris berinisial M yang ditangkap di Kota Sibolga.

“Jadi ada empat terduga teroris di Sibolga yang sudah ditangkap,” ungkapnya.

Berdasarkan data, ketiga terduga teroris yang ditangkap sebelumnya yakni Abu Hamzah alias Husein alias Upang ditangkap pada Selasa (12/3) sekira pukul 14.00 WIB di Jalan Cendrawasih atau Jalan Selamat, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas. Kemudian, AK alias Ameng dan Hal, ditangkap pada pukul 10.30 WIB pada Selasa (12/3) dari Jalan SM Raja Simpang Jalan Gambolo, Kelurahan Pancuran Kerambil, Sibolga Sambas.

Sementara, seorang terduga teroris lainnya, yakni istri dari terduga teroris Abu Hamzah, yang diketahui berinisial As alias Sol, tewas bersama anaknya dengan cara meledakkan diri dengan menggunakan bom di dalam rumah mereka di jalan Cendrawasih, Gang Serumpun sekira pukul 01.30 WIB pada Rabu (13/3).

Potongan Tubuh Terduga Teroris Diperiksa

Tim DVI Polda Sumut dan Tim Labfor Mabes Polri dibantu dokter forensik PPDS USU melakukan identifikasi terhadap serpihan tubuh yang ditemukan di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), rumah terduga teroris Abu Hamzah alias Upang alias Tupang, Kamis (14/3).

Identifikasi dilakukan di kamar jenazah Rumah Sakit FL Tobing Sibolga. Diduga potongan tubuh tersebut merupakan potongan tubuh As alias Sol, istri dari Abu Hamzah yang diduga meledakkan diri bersama anaknya.
Namun belum diketahui, apakah potongan tersebut merupakan dua tubuh atau hanya tubuh istri Upang. Karena, tim masih terus bekerja mengumpulkan bukti-bukti potongan tubuh dari TKP.

“Kita masih kerja, mau ke TKP. Belum bisa memberi keterangan,” kata salah seorang dari tim saat keluar dari kamar jenazah.
Beberapa potongan tubuh yang ditemukan di antaranya usus, potongan tulang paha dan beberapa serpihan tubuh lain yang di masukkan ke plastik bening. (ts/dh/ma)

Bagikan: