Percantik Tugu Juang

Bagikan:
Para pemuda di Silau Laut sedang mempercantik tugu juang dalam menyambut Hari Pahlawan. (Perdana Ramadhan / Metro Asahan ).

MetroAsahan.com, MEMPERINGATI hari Pahlawan 10 November, pemuda Desa Lubuk Palas di Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan mempercantik tugu juang yang ada di desa mereka.

Hal ini dilakukan tak lain untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang sudah bersusah payah merebut kemerdekaan.

“Kegiatan ini sengaja kami lakukan untuk memperingati hari Pahlawan tanggal 10 November oleh komunitas peduli kampung Kami Silau Laut,” kata Nardi Yanuar, salah seorang tokoh pemuda di Silau Laut yang juga ketua Kecamatan Karang Taruna.

Pemugaran itu dilakukan dengan menggelar bersih-bersih seputar tugu juang, melakukan cat ulang pada bagian tugu dan membersihkan makam veteran yang kebetulan lokasi tugu juang tersebut berada di seputar pemakaman veteran dan umum.

Nardi menambahkan, hal ini dimaksudkan untuk menambah rasa nasionalisme pemuda di kecamatannya untuk memperingatan hari Pahlawan. Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari pemerintah kecamatan setempat.

“Kegiatan ini inisiatif kami. Bahkan camat memberikan dukungan bantuan cat untuk kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ponimin, pemuka masyarakat setempat menjelaskan, Tugu Juang Silau Laut tersebut yang berada di Desa Lubuk Palas, Dusun III, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, sudah ada sejak awal kemerdekaan di Indonesia.

Dia menceritakan sejak kemerdekaan Indonesia terdengar oleh para pejuang di Silau Laut mereka langsung menegakkan tiang bendera merah putih di lokasi tugu.

“Di tugu inilah pertama kali bendera merah putih ditancapkan oleh para pejuang. Kemudian pada awal tahun 1980-an para pejuang tersebut mendirikan tugu ini dan kondisi tugu sampai hari ini masih terpelihara dengan baik,” jelas Ponimin.

Disebutkan, saat ini ada delapan orang veteran yang berasal dari Kecamatan Silau Laut. Lima orang di antaranya dimakamkan dekat tugu juang. Sementara yang masih hidup ada tiga orang. (per/des/ma)

 

Bagikan: