Belum Ada Warga Terkena Virus Zika

Bagikan:

METROASAHAN.COM, TANJUNGBALAI – Sesuai data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungbalai, sampai saat ini belum ada warga Kota Tanjungbalai yang terindikasi mengidap virus Zika.

Meskipun begitu, Dinkes Tanjungbalai melakukan sejumlah antisipasi masuknya virus Zika ke wilayah Tanjungbalai.Demikian disampaikan Kepala  Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai dr Azhari Sima, Senin (7/3). Menurut Azhari, dari hasil identifikasi dan diagnosa, pihaknya belum menemukan adanya kasus virus Zika di Tanjungbalai.

Azhari menjelaskan penularannya virus zika sama seperti virus demam berdarah, yaitu oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue.Virus zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika.

“Virus ini sangat bahaya bagi ibu hamil, karena akan berdampak buruk kepada calon bayi. Terutama kepada pertumbuhan tulang dan perekembanagan tubuhnya,” katanya.Azhari Sima menyatakan, persoalan virus zika memang belum ada. Tapi diimbau kepada seluruh masyarakat Tanjungbalai untuk tetap berhati-hati dengan virus zika. Azhari mengharapkan agar masyarakat tetap melakukan 3M+T (menguras, mengubur, menutup plus telungkupkan) di lingkungannya masing-masing.

“Mari kita budayakan hidup bersih dan peduli lingkungan. Lakukan 3M+T kepada barang-barang penampung air,” sebutnya. (mag02/syaf)

Bagikan: