Menu

15 Bulan DPO, Pencuri Belasan Komputer di Tanjungbalai Diciduk

Tersangka saat dimintai keterangannya oleh personel Polres Tanjungbalai.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Usai sudah pelarian M Syafii (44), pencuri belasan komputer dan perangkatnya di SMP Negeri 5 Tanjungbalai. Setelah 15 bulan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), tersangka dibekuk.

Tersangka sendiri tak hanya beraksi di sekolah, melainkan juga membongkar gudang PT Sumber Baru Harapan Panjang di Jalan Sriwijaya Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, 6 Mei 2017 lalu.
Pelaku seorang buruh harian lepas, warga Jalan Husni Thamrin Lingkungan III, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai ini diringkus dari rumahnya oleh Personel Reskrim Polsek Datuk Bandar Polres Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai melalui Kapolsek Datuk Bandar AKP A Yani Nasution didampingi Kanit Reskrim Polsek Datuk Bandar Ipda Eko Ady Ranto mengatakan, penangkapan pelaku pencurian tersebut berkat laporan dari masyarakat yang curiga di rumah tersangka banyak ditemukan CPU dan laptop serta benda-benda lain yang mencurigakan.

“Kita lakukan penggrebekan ke rumah pelaku dibantu dengan Kepala Lingkungan III Kelurahan Pahang, dan kami temukan dari dalam lemari kamar rumah tersangka 10 unit CPU Komputer merk wearnes, 12 unit Monitor Komputer merk gear dan 1 keyboard komputer hasil curian di SMPN 5 pada 10 April 2017 lalu,” jelas Kanit, Jumat (20/7).

Selain itu, pihaknya juga menemukan 1 kotak kunci perkakas, 1 unit mesin bor, 1 unit mesin gerenda, 1 set mesin semprot air, 2 timbangan digital, 1 kunci striker, 2 remote AC, 1 unit mesin AC, 1 unit Termometer suhu bulat, 1 unit mesin jahit goni dan 1 unit Vacum Cleaner serta 1 unit Angkong barang hasil curian dari PT Sumber Baru Harapan Panjang.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 363 KUHP ayat 1-4-5 pencurian dan pemberatan, tersangka juga merupakan residivis dua kali ditahan di Asahan,” ungkapnya.

“Saat ini kita masih melakukan pencarian terhadap satu temannya sewaktu melakukan pembongkaran di SMP Negeri 5 Kota Tanjungbalai. Sedangkan di Gudang PT Sumber Baru Harapan Panjang menurut tersangka, ia melakukan perbuatannya sendiri tidak ada temannya,” bebernya.

“Kini tersangka berikut barang buktinya kita sita dan diamankan di Mapolsek Datuk Bandar guna penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (ps/int/ma)

Loading...