Pasar Veteran Butuh Penataan

Bagikan:
Pasar Veteran Tanjungbalai selain dipadati pedagang yang berjualan juga terdapat kemacetan setiap harinya. Ishak Lubis/Metro Asahan.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Para pengunjung di Pasar Veteran merasa kesal lantaran badan jalan dipakai untuk berdagang. Sementara pihak Satpoll PP tidak ada di lokasi untuk melakukan penertiban.

Patimah, salah seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja mengatakan, kondisi pedagang di pasar tersebut sudah bisa dilakukan penertiban khususnya yang berjualan di badan jalan. Sebab arus lalu lintas menjadi macet.

Selain bedagang, sejumlah kendaraan yang parkir di badan jalan juga menambah kemacetan arus lalulintas.

Amatan di lokasi, para pedagang ini menggelar tikar di badan jalan dan ada juga memakai meja dan payung. Seharusnya menurut pengunjung, para pedagang tetap berada di posisi sebelumnya sesuai dengan yang sudah ditentukan pemerintah.

Warga lainnya, Nurddin mengatakan, seharusnya pemerintah kota menempatkan pedagang ke tempat yang layak dan seteril dan tidak dibiarkan terus menerus di badan jalan. Sementara itu petugas pasar selau mengutip retribusi setiap hari tanpa ada penertiban kepada pedagang.

Jon Tibran pedagang ayam mengaku sudah puluhan tahun dirinya berjualan ayam di sekitar pasar Veteran. Tapi sampai saat ini belum ada tempat jualan yang seteril dipersiapakan Pemko Tanjungbalai.

“Mau tidak mau kami jualan di sini meskipun sering ditegur Satpol PP. Kami sangat berharap kepada Walikota Tanjungbalai dapat menata dan menempatkan pedagang ini di tempat yang layak,” harapnya.

“Kami tau bahwa pemerintah sedang giatnya membangun pajak tempat warga berjulan seperti Pajak Bengawan, Pajak Ikan di jalan Asahan. Pajak Suprapto dan Pajak Bahagian sedang dilakukan pembangunananya,” terangnya.

“Tetapi Pajak Veteran kok dibiarkan pedagang tanpa ada memiliki tempat berjualan. Padahal sering menimbulkan kemacetan. Seharusnya petugas Satpol PP setiap hari berada di lokasi,” terang Jon Tibran.

Terpisah Plt Kasat Pol PP saat ditemui di kantornya Jalan Jati untuk mendapatkan tanggapan, tidak berada di tempat. Namun salah seorang petugas berseragam Satpol PP mengatakan bahwa mereka setiap jam kerja, personil bersama mobil patroli berada di pasar Veteran untuk mengamankan para pedagang agar berjualan tertib dan tidak ke tengah jalan berjualan agar tidak menimbulkan kemacetan. (ilu/pra/ma)

Bagikan: