Tanjungbalai Menuju Kota Smart City

Bagikan:
Pemko Tanjungbalai saat melakukan launching Data Center, Command Center dan Layanan Internet Publik. (Fatih Reza / Metro Asahan).

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Kota Tanjungbalai kini benar-benar menuju kota pintar berlabel Smart City.

Hal itu disampaikan Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH saat meresmikan Data Center, Command Center dan Layanan Internet Publik (Wifi) Gratis di Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Senin pagi (14/1) usai memimpin apel gabungan.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus meninjau langsung ruangan Data Center dan fasilitas pendukung lainnya. Data Center Pemko Tanjungbalai dikelola langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tanjungbalai.

Usai meresmikan Data Center, Wali Kota bersama rombongan juga meresmikan pemakaian Buku Tamu Elektronik dan meninjau langsung Command Center sebelum menggelar Konferensi Pers bersama awak media yang juga dihadiri Instansi Vertikal dan Para OPD.

Dalam sambutannya WaliKota Syahrial mengatakan, pembangunan Data Center merupakan salahsatu upaya Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik guna mendukung program Kota Tanjungbalai menuju Smart City.

“Sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, untuk itu Pemerintah Kota Tanjungbalai merespon Pengembangan e-Government di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai,” ujarnya.

Wali kota juga menambahkan, dengan adanya teknologi Data Center yang dilengkapi fasilitas Media Center ini, maka sistem pelayanan publik dan sistem pelayanan pemerintahan yang berada di masing-masing OPD, akan terpusat dan terintegrasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungbalai, dimana Data Center ini berada.

“Saya memberikan apresiasi khusus kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungbalai, yang telah berhasil mewujudkan program berbasis teknologi informasi ini. Saya berharap, teknologi ini terus dikembangkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya, guna menunjang aspek pembangunan di daerah tercinta ini,” ucap Wali Kota.

Sementara itu, Kadis Kominfo Tanjungbalai Walman Riadi P Girsang menyampaikan Pembangunan Data Center saat ini telah didukung 19 Aplikasi, yang semuanya dapat diakses melalui Website Pemerintah Kota Tanjungbalai. Saat ini layanan Website tersebut juga dapat diakses dan tersedia bagi Pengguna android yang dapat didownload di Play Store.

Untuk mendukung Fasilitas Data Center, Dinas Kominfo didukung 2 unit Server, 6 unit Video Wall, CCTV di 34 OPD dengan jumlah 102 titik dan layanan internet publik (Wifi) gratis yang lokasinya berada di Kompleks Gedung Serbaguna (GOR) dan Taman Sudirman.

Untuk tahun 2019 ini, Dinas Kominfo juga akan melanjutkan penambahan jaringan internet di 19 OPD termasuk Rumah Sakit Umum dan Layanan Internet Publik Gratis di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Papar Kadis Kominfo. (ck-02/per/ma)

Bagikan: