76,2 Gram Sabu Disimpan di Anus dan Sepatu

Bagikan:
Tersangka sedang diapit petugas Bea Cukai Tanjungbalai.

MetroAsahan.com, TANJUNGALAI – Petugas Bea dan Cukai Teluk Nibung Kota Tanjungbalai menggelar press release hasil penangkapan terhadap seorang pria yang menyembunyikan sabu dalam sepatu dan dubur, di Aula Kantor Bea dan Cukai Kota Tanjungbalai, Selasa (19/3).

Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung Muhammad Syahirul Alim mengatakan, hasil dari pemantauan dan analisis Unit Pengawasan Bea Cukai Teluk Nibung, pada Sabtu (9/3) sekira pukul 16.00 WIB, ada penumpang berinial Nz dengan nomor paspor A52518960 yang benar berangkat dari Malaysia menuju Pelabuhan Teluk Nibung, naik Kapal Feri MV Aero Speed dicurigai dan perlu dilakukan pengawasan lebih mendalam.

Pada saat kedatangan Kapal Feri MV Aero Speed dari Malaysia masuk Pelabuhan Teluk Nibung sekira pukul 16.30 WIB, petugas bea cukai langsung memantau dan mengawasi penumpang berinisial Nz yang saat itu tampak gugup dengan barang bawaan satu tas ransel. Petugas bea cukai melakukan pemeriksaan badan terhadap penumpang berinisial Nz tersebut.

Hasil pemeriksaan, petugas menemukan satu bungkus plastik bening berisi butiran putih di bungkus di sepatu pria itu. Selanjutnya dilakukan tes terhadap barang tersebut dan positif methamphetamine (abu). Dikatakannya, petugas melakukan wawancara terhadap Nz, dan dia mengakui bahwa barang yang dibawanya sabu. Selanjutnya, Nz dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan rontgen, karena diduga masih ada barang yang ditelan atau dimasukkan ke dalam tubuh.

Hasil rontgen menunjukkan dua bongkahan lain di dalam dubur NZ. Total barang bukti terdapat tiga plastik berbeda berisi sabu dengan berat bruto 76,2 gram. Nz dan barang bukti tersebut dilaporkan ke Polres Tanjungbalai. Menurut pengakuan Nz, dia diperintahkan untuk membawa barang tersebut kepada seseorang di Medan. Personel Polres Tanjungbalai dan Bea dan Cukai Teluk Nibung melakukan tindak lanjut untuk menemukan sipenerima barang yang dimaksud.

Hasil pengintaian dan comtrolled delivery, petugas gabungan mengamankan seseorang yang diduga sebagai penerima. Selanjutnya, barang bukti, Nz dan penerima barang dibawa ke KPPBC Teluk Nibung untuk penelitian lebih lanjut. Kemudian, Nz dan tersangka penerima barang, beserta barang bukti diserahkan kepada Sat Narkoba Polres Tanjungbalai. (ck-04/ahu/ma)

Bagikan: