Lansia harus Tetap Mandiri dan Produktif

Bagikan:
Walikota Tanjungbalai H M Syahrial hadiri peringatan HLUN ke-22 Tahun 2018.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Walikota Tanjungbalai H M Syahrial menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-22 Tahun 2018 di Aula IPHI Kota Tanjungbalai, Kamis, (13/9).

Peringatan Hari Lanjut Usia tahun ini mengusung tema “Lanjut Usia Sejahtera Masyarakat Bahagia”. Peringatan HLUN yang digelar siang tadi sebelumnya telah dilaksanakan secara Nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yokyakarta (DIY) pada (5/7) lalu. Dalam sambutannya, Syahrial berpesan kepada para lansia tetap mandiri meskipun memasuki usia senja.

“Lansia harus tetap mandiri, produktif, giat dan semangat. Usia senja bukan akhir dari segalanya untuk berhenti berkarya, berprestasi, bersosial serta berinteraksi dengan masyarakat,” sebutnya.

“Penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita pasti akan tua, sehingga perlu berupaya menghadirkan dunia yang layak bagi semua lansia,” ungkapnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai yang diwakili Wakil Seketaris III TP PKK Kota Tanjungbalai Chairunnisa Batubara mengatakan bahwasanya ibu-ibu lanjut usia harus mampu memberdayakan diri, minimal dapat mandiri artinya mampu mengurus urusan pribadi sendiri walaupun tidak bekerja mencari nafkah.

“Untuk itu saya berharap kepada ibu-ibu Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) dapat memberikan penyuluhan dan pembekalan kepada ibu-ibu usia pralansia bagaimana, apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk menghadapi fase usia lanjut yang pada akhir nantinya tidak menjadi beban keluarga,” ungkapnya.

Acara  ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Tanjungbalai dan memberikan kepada Ibunda Hj Salmah Saragih serta para ibu-ibu lanjut usia yang hadir. (CR-1/ps/nt)

Bagikan: