Menu

Pemkab Tanjungbalai Alokasikan Rp1,2 Miliar

Ishak Lubis/Metro Asahan
Pekerjaan pemasangan pipa di Jalan Sei Pemali, Kelurahan Muara Sentosa, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman mengolakasikan anggaran Rp1,2 miliar untuk progam lingkungan sehat perumahan penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar, terutama bagi masyarakat miskin.

Pemasangan pipa air untuk masyarakat miskin ini ditanggung oleh pemerintah untuk dua pipa bersama meteran. Sedangkan untuk kran air ditanggung pemilik rumah sesuai dengan daftar penerima bantuan yang sudah didata sebelumnya.

Yusmada dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman saat diwawancarai menerangkan bahwa pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman hanya melakukan penyediaan bahan berupa pipa berikut pemasangan. Sedangkan suplay air berasal dari PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai.

“Ada beberapa titik kini telah berlangsung pekerjaanya dan masyarakat yang mendapat pasangan pipa gratis diperkirakan mencapai ratusan warga dan tahap penyaluran air, silahkan tanya kepada pihak PDAM Tanjungbalai,” ujarnya.

Direktur PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai Ruri Prihatini Lubis di sela pertemuan bersama tim investor Korea pekan lalu membenarkan pemasangan pipa gratis untuk masyarakat miskin sumber dananya dari APBD Tanjungbalai melalui Dinas Perumahan Rakyat. Sedangkan pihak PDAM hanya.

“Kita berharap pemasangan pipa besar terdapat di pinggir jalan dan pemasangan pipa ke rumah warga bagus sebagaimana kita harapkan,” katanya.

Dari pantauan di lapangan, ada sejumlah keluhan masyarakat atas program ini, yakni tanah galian pipa menimbulkan gundukan di badan jalan. Jalan setapak yang sebelumnya sudah bagus menjadi rusak. Tapi, setelah digali tidak diperbaiki seperti semula. (Ilu/ma)

Loading...