Pelajar Asahan Potensi Bibit Atletik Daerah

Bagikan:
Pengkab PASI Asahan bersama pemenang lomba lari 5 K tingkat pelajar.

MetroAsahan.com, KISARAN – Pelajar di Kabupaten Asahan merupakan potensi atletik yang luar biasa, hanya saja selama ini sumberdayanya kurang dimanfaatkan dengan maksimal.

Hal tersebut dikatakan Fadli selaku Ketua Pengkab PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kabupaten Asahan usai membuka lomba lari 5 K tingkat pelajar SLTP sederajat di Kisaran, Rabu (20/12).

“Potensi atletik kita khususnya pelajar di Kabupaten Asahan merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk digali sumberdayanya. Buktinya antusias para pelajar untuk ikut kegiatan lomba lari ini cukup besar,” ujar Fadli.

Dalam lomba lari 5 K yang digelar oleh PASI Asahani ini dikatakan Fadli, diharapkan bisa menggali potensi atlet dari pelajar, disamping itu pula kegiatan positif tersebut harus sering dilakukan untuk menghindari generasi muda terjebak dalam lingkaran narkoba yang kini sudah sangat mengkhawatirkan.

Hanya saja, saat ini Kabupaten Asahan belum memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang potensi dan prestasi atlet, khsususnya di cabang atletik. “Kabupaten Asahan sebenarnya memerlukan stadion atletik untuk sarana menunjang prestasi atlet,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini prestasi cabang atletik Kabupaten Asahan sudah cukup meyakinkan. Dimana dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Piala Gubsu 2017 menempati posisi ke tiga. Kemudian atlet lari wanita Asahan atas nama Agustina Manik juga berhasil menembus prestasi sampai tingkat Nasional. Saat ini Agustina tengah dipersiapkan untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) menjelang Asean Games 2018 mendatang di Jakarta.

“Kedepan sejumlah event atletik di tahun 2018 akan terjadwalkan dengan teratur. Harapannya banyak menjaring bakat atlet dari kalangan pelajar yang akan memunculkan nama seperti Agustina – Agustina lain yang bisa membanggakan nama daerah,” ujarnya.

Sebelumnya, lebih dari 300 pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SLTP) sederajat se-Asahan mengikuti lomba lari 5 K yang berlagsung di depan kantor Bank Sumut dengan hadiah jutaan rupiah. Tampil sebagai Juara I Rio Pratama dari SMP Negeri 2 Kisaran, Juara II Panji Ramadhan dari SMP Taman Siswa dan Juara III M Rivai Lubis dari SMP Negeri 1 Silau Laut. (mar)

Bagikan: