Gawat, Suami Usir Istri dari Rumah Warisan Mertua

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com – Enggak mau hidup sengsara seperti dulu, Tarzan (40) memilih molor proses sidang gugatan cerainya sampai lima tahunan. Tak tahu malunya, Tarzan tetap memakai mobil Fortuner dan rumah milik mertuanya untuk aktivitas sehari-hari.

Ironisnya, istrinya, Sita (38) yang harus hengkang dari rumah warisan orang tuanya di kawasan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Kini, ia harus tinggal di rumah orang tuanya di Keputih bersama dua putrinya.

“Suami saya itu sombongnya minta ampun. Saya dan anak diusir dari rumah sendiri. Pas saya minta gugat cerai dia malah masih enakenakan tinggal di sana,” kata Karin di selasela sidang gugatan cerainya yang ke 30 di Pengadilan Agama (PA), Klas 1A Surabaya, Senin (20/2).

Persoalan harta gono gini bikin proses sidang molor. Tarzan bersikukuh untuk mempertahankan rumah tangga karena tidak mau hengkang dari rumah maupun melepas mobil yang dibawa sampai sekarang.

Majelis hakim pun belum bisa memutuskan. Karena meski rumah dan mobil dibeli oleh orang tua Sita, namun proses pembelian dilakukan saat proses pernikahan berlangsung. “Suami bersikukuh kalau harta didapat setelah menikah itu harta bersama. Padahal, yang beli semuanya itu ayah dan ibu. Mereka jual tanah di kampung, makanya saya pertahankan,” kata Sita.

Sebenarnya, segala upaya untuk pembuktian harta warisan berkali-kali dilakukan. Sayang, ketika putusan berlangsung selalu ganti ketua majelis hakim sehingga persidangan pun berulang dari nol.

Menurut PNS itu, dirinya sebenarnya pernah memberikan bukti jika rumah dan mobil adalah pembelian orang tuanya. Namun, bukti-bukti itu sudah dibawa oleh Tarzan yang waktu itu yang mencari dan membeli rumah dan mobil.

“Tahun 2008 rumah seharga Rp500 jutaan. Mobilnya tahun 2011 lupa harganya soalnya ayah yang langsung transfer ke rekening suami,” jelasnya. Sita mengaku, ingin segera pisah karena suaminya malas dan sering mengandalkan dirinya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Gaji suami sebagai kepala cabang koperasi di Sidoarjo gede, tapi dia itu malas,” jelasnya. Sementara itu, tarzan mengaku merasa memiliki rumah dan mobil yang dibeli selama pernikahan. “Uangnya memang dari sana, tapi kan saya yang wira-wiri cariin rumah dan mobil. Saya juga yang pakai ya berarti milik saya dong,” kata Tarzan. (jpnn/ma)

Bagikan: